Friday, May 01, 2009

PANDUAN KERANGKA KERJA PENGANGGARAN KINERJA: MENENTUKAN TUJUAN PROGRAM (HASIL), PROGRAM DAN KEGIATAN (KELUARAN) DAN INDIKATOR KINERJA

Pendahuluan


Telah terdapat pemahaman bahwa sebuah proses saat ini sedang berlangsung untuk menentukan program-program dalam badan-badan uji coba untuk pengenalan Kerangka Kerja Pengeluaran Jangka Menengah dan Penganggaran Berbasis Kinerja. Pada tahap ini para penasihat dari Bagian Keuangan dan Deregulasi belum diberikan contoh mengenai program-program yang telah ditentukan atau diminta untuk memberikan komentar mengenai program-program tersebut. Alih-alih para penasihat tersebut diminta untuk memberikan panduan mengenai cara menentukan hasil, program dan kegiatan serta cara menentukan indikator kinerja. Makalah ini memberikan gambaran mengenai panduan tersebut berdasarkan materi-materi yang tersedia bagi badan-badan Pemerintah Australia untuk membantu mereka menentukan keluaran, hasil, dan indikator kinerja.
-

KONSEP KONSEP DAN DEFINISI-DEFINISI MENGENAI HASIL DAN KELUARAN:

Hasil:
Hasil dijelaskan sebagai dampak jangka panjang yang diinginkan dan diharapkan oleh Pemerintah dalam lingkar kebijakan yang telah ditentukan.
Keluaran:
Keluaran dijelaskan sebagai program yang dikelola oleh departemen bersama-sama dengan pengelolaan program, kebijakan, dan jasa atau barang yang dihasilkan oleh departemen yang mempunyai kontribusi terhadap hasil.
INDIKATOR KINERJA:
Tujuan penggunaan indikator kinerja adalah untuk menunjukkan bahwa sebuah badan telah memenuhi persyaratan pemerintah dengan cara yang efisien dan menunjukkan nilai keseluruhan bagi masyarakat. Ada dua jenis indikator:
• Indikator Keefektifan
o Indikator keefektifan mencerminkan tingkat keefektifan keluaran dalam pencapaian hasil.
• Indikator Efisiensi
o Indikator kuantitas, kualitas dan biaya yang mencerminkan tingkat efisiensi dari kinerja departemen dalam menghasilkan keluaran.

To be continued
From: Australian Government
by: wanset71

No comments: